Beranda News Berita Pemb.RSUD Ujung Gading Berpotensi Rugikan Keuangan Negara 6 Milliar Lebih.

Pemb.RSUD Ujung Gading Berpotensi Rugikan Keuangan Negara 6 Milliar Lebih.

126
0

Ujung Gading – Reportase news.id
Pembangunan RSUD Pratama Ujung Gading kabupaten Pasaman barat berpotensi Rugikan keuangan daerah sebesar Rp 6.385.584.364,35 atas kegagalan bangunan pada gedung Blok C RSUD Pratama Ujung Gading yang tidak dapat dimanfaatkan, bila tidak dilakukan perbaikan. Hal tersebut di ketahui dari Pemeriksaan BPK RI pada tahun 2021.
Dari penelusuran BPK terhadap dokumen kontrak diketahui bahwa pekerjaan RSUD Pratama Ujung Gading menggunakan Pondasi Konstruksi Sarang Laba-laba (KSLL). Nilai Pekerjaan Pondasi KSLL adalah sebesar Rp9.164.043.900,00 dari nilai kontrak keseluruhan (sebelum PPN) sebesar Rp22.331.840.327,79, atau 41,04% dari nilai kontrak.

Pondasi ini diharapkan mampu menahan struktur bangunan dua lantai RSUD Pratama Ujung Gading. Pekerjaan Fisik Pondasi KSLL dikerjakan oleh pemilik hak paten PT. KIG sebagai sub penyedia jasa dan kontraktor PT TTP.Berdasarkan Laporan Hasil Pengujian Laik Fungsi Bangunan Gedung RSUD Pratama Ujung Gading tanggal 15 Desember 2020 oleh LPPM Universitas Andalas diketahui bahwa:
a. Terjadi penurunan bangunan di Blok A, B dan C; b. Penurunan di bangunan Blok A dan B masih layak dan dapat difungsikan; c. Bangunan Blok C direkomendasikan untuk tidak digunakan karena tidak aman; d. Upper Structure masih aman dalam menerima beban rencana yang akan bekerja.Hasil pengujian laik fungsi bangunan menunjukkan bahwa telah terjadi kegagalan bangunan atas Blok C Gedung RSUD Pratama Ujung Gading.

Sampai dengan berakhirnya pemeriksaan BPK tanggal 28 April 2022, diketahui belum terdapat perbaikan kembali ataupun ganti rugi atas nilai kerugian akibat kegagalan bangunan pada gedung RSUD Pratama Ujung Gading dari PT KIG kepada Pemkab Pasaman Barat.
(Ahmad Husein)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here