Beranda News Berita Terkait Pungli Di Tapsel, Ketua DPW LSM P2NAPAS Sumut Angkat Bicara

Terkait Pungli Di Tapsel, Ketua DPW LSM P2NAPAS Sumut Angkat Bicara

336
0

Tapsel -Bantuan listrik Gratis pada masyarakat miskin diduga ada Pungli Oleh Oknum sekretaris desa lantosan rogas kecamatan Angkola timur kabupaten Tapanuli selatan, diduga ada pungli, mulai dari pemasangan instalasi dirumah warga, dengan dikenakan biaya Rp 500 Ribu Per KK.

Pemerintah memiliki salah satu Program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL),yang menyediakan layanan pemasangan listrik dirumah, tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

SM Nasution salah satu warga Desa lantosan rogas kecamatan Angkola timur kabupaten Tapanuli selatan, Penerima bantuan pemasangan listrik Gratis mengatakan dirinya dimintai Uang 500 Ribu rupiah oleh Oknum Sekdes untuk pemasangan meteran listrik gratis.

Sudah Empat bula lebih, program bantuan listrik gratis yang disodorkan pemerintah hingga saat ini belum ada pemasangan meteran, yang di Pasang dirumah saya hanya satu buah lampu tanpa ada aliran listrik, pada hal saya sudah bayar 500 ribu katanya Mn Nasution sedih, pada Media.

Oknum sekretaris desa lantosan rogas kecamatan Angkola timur kabupaten Tapanuli selatan Muslimin Siregar Ketika di konfirmasi melalui telepon selulernya belum menanggapi pertanyaan Media.

Padahal Program Listrik Gratis pada masyarakat miskin telah diatur dalam Peraturan Menteri RI ( Permen ESDM) bagi rumah tangga tidak mampu. Berdasarkan Surat Permen ESDM No 3/2022. Berikut ini syarat pasang listrik gratis.

Pemerintah memiliki salah satu Program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL),yang menyediakan layanan pemasangan listrik dirumah, tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Didalam peraturan tersebut tercantum bahwa Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) ini dibuat khusus untuk rumah tangga yang tidak mampu. Penerimaan yang berhak nantinya akan mendapatkan Bantuan meliputi instansi tenaga listrik dan pemasangan nya, sertifikasi tenaga liak Operasi, penyambungan nya, dari petugas PT PLN( Persero) hingga pengisian token listrik perdana.

Menyikapi Permasalahan dan keluhan warga tersebut Ketua DPW LSM P2NAPAS Provinsi Sumatera Utara Ali Tohong Siregar meminta APH setempat untuk segera mengusut serta menindak tegas para oknum yang melakukan pelanggaran tersebut sesuai undang-undang yang berlaku.

“Permasalahan ini, ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, harus ada tindakan tegas dari Aph Tapsel agar ada efek jera bagi pelaku pungli Tegas, Ali Tohong.”

(A.H. Batubara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here